VIRTUAL MACHINE DAN API

Table of Contents

VIRTUAL MACHINE DAN API

VIRTUAL MACHINE DAN API

VIRTUAL MACHINE DAN API

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun sangat pesat sekali. Salah satunya yaitu teknik virtualisasi komputer (Virtual Machine ) Maksudnya adalah pada saat kita menjalankan virtual komputer (PC bayangan) di dalam komputer. Monitor (XWindow nya), HDD, RAM, NIC, Sound Card, dll yang disediakan secara virtual.
Pada dasarnya Virtual machine adalah program yang berguna untuk melakukan simulasi suatu sistem PC lengkap. Yang dimaksud dengan ‘ lengkap disini adalah RAM, hard disk, floppy disk, prosesor, graphics card dan beberapa device lain yang umumnya terdapat pada PC. Program semacam ini mungkin tidak banyak berguna bagi sebagian orang, tapi untuk kebutuhan tertentu atau spesifik, manfaatnya akan sangat terasa.
Cara kerja virtual machine ‘menirukan’ berdasarkan prinsip dasar aslinya, yaitu emulator tidak terlepas dari beberapa keterbatasan, antara lain :
• Anda tidak akan dapat menjalankannya secepat program atau hardware aslinya. Emulator bekerja dengan ‘meminjam’ resource komputer dan sistem operasi yang menjalankannya, sehingga kinerjanya terbagi dengan proses-proses lainnya yang juga sedang berjalan.
• Emulator tidak bebas bug. Suatu instruksi yang di platform aslinya (native) bekerja dengan baik, bisa saja menghasilkan output lain atau malah error di dalam emulator. Bug seperti ini bisanya secara bertahap dan kontinyu akan dikoreksi pada versi berikutnya.
• Hingga kini, emulasi belum menyediakan akses langsung ke beberapa periferal PC seperti modem atau joystick. Namun, tidak tertutup kemungkinan akses tersebut akan tersedia pada masa mendatang.

Sumber : http://fajarhpblog.wordpress.com/tag/virtual-machine/
http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_virtual
http://www.chip.co.id/guides/qemu-virtual-machine-yang-serbaguna-2.html

API’s Social Network

Pada saat ini hampir semua social network utama, i.e. Facebook, Twitter, Flickr, YouTube, menyediakan fasilitas Application Programming Interface (API) untuk developer yang ingin mengakses informasi dari/ke social network tersebut.
Sebenarnya sangat mudah sekali untuk membuat aplikasi yang mengambil data dari social network (istilahnya: mash up). saya akan menuliskan sedikit poin-poin tentang cara membuat mash up atau feed consuming application.
• Memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan. Biasanya setiap API memiliki library atau API call yang spesifik untuk tiap bahasa.
• Memilih jenis feed yang akan digunakan. berhubungan dengan bahasa pemrograman yang dipilih. Setiap bahasa pemrograman memiliki library parser untuk tiap jenis feed. Pilih yang menurut anda paling efektif dan paling mudah digunakan.
• Memilih jenis informasi yang hendak diakses, lalu cari tau API call untuk informasi tersebut. Penting juga dicek apabila API call tertentu membutuhkan login terlebih dahulu.
Result hasil panggilan ke API (API call) memiliki berbagai macam format. Format yang paling mudah digunakan menurut saya adalah XML dan JSON.

Baca Juga :