Kambing dengan Domba sering dikelirukan

Kambing dengan Domba sering dikelirukan

Kambing dengan Domba sering dikelirukan

Kambing dengan Domba sering dikelirukan

Judul tulisan ini memang sengaja dibuat sejelas mungkin karena ternyata masih banyak masyarakat kita yang sering mengkelirukan mana kambing, dan mana domba. Ungkapan keliru ini bukan hanya sudah turun-temurun salah, tetapi juga kasihan kepada salah satu diantara hewan tersebut yang namanya dicatut atau dapat nama baiknya saja. sebagai contoh, pada suatu kesempatan ada tukang sate sedang menyembelih Domba untuk dijadikan sate. tetapi, apa yang terlihat? papan nama kios sate tersebut tertulis menjual sate Kambing.

Kasihan Domba yang disembelih, tetapi yang dapat nama justru kambing. terlepas dari kandungan daging domba/kambing yang memang berbeda, baik dari segi protein, lemak dan kandungan lain, yang harus ditekankan disini, mengapa penjual sate tidak menuliskan JUAL SATE DOMBA, toh, justru dengan hal-hal yang belum populer akan semakin menambah rasa penasaran masyarakat konsumen?, selain mengedepankan etika kejujuran, menuliskan papan nama JUAL SATE DOMBA (apa adanya-red) tentu saja akan menambah khazanah kuliner bangsa ini.

Secara umum fisik tubuh, sebenarnya perbedaan antara kambing dengan domba terlihat mencolok. terutama dari rambut. Domba cenderung memiliki rambut yang panjang dan ikal/keriting, sedangkan kambing cenderung memiliki rambut yang pendek dan memiliki jenggot, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar.

Dengan kondisi fisik yang memiliki rambut keriting/ikal dan panjang inilah sehingga Domba sering dimanfaatkan sebagai ternak penghasil wool. Salahsatunya adalah jenis Domba Texel. Domba Texel mempunyai ciri khas yang mudah dibedakan dari domba jenis lain yaitu : Mempunyai rambut wol yang keriting halus berbentuk spiral berwarna putih yang menyelimuti bagian tubuhnya kecuali perut bagian bawah, keempat kaki dan kepala. Tidak tanggung-tanggung, jenis domba ini mampu menghasilkan rambut wool berkualitas mencapai 1000 gram /ekor/tahun.
Menjelang hari raya kurban seperti saat ini, sudah saatnya masyarakat bisa membedakan mana kambing dan mana domba. Jika masih belum bisa, kesempatan di hari raya ini hendaknya dipergunakan untuk mengetahui perbedaan dari kedua ternak tersebut.

Sumber : https://balikpapanstore.id/