Reformasi birokrasi bukan gaji

Reformasi birokrasi bukan gaji

Reformasi birokrasi bukan gaji

Reformasi birokrasi bukan gaji

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara EE Mangindaan masih enggan membicarakan tentang rencana kenaikan gaji menteri. Menurut politisi Demokrat ini, kementerian yang dipimpinnya hanya akan memprioritaskan reformasi birokrasi dalam 100 hari ke depan.

Jadi apakah tak akan ada kenaikan gaji menteri dalam waktu dekat, Mangindaan mengisyaratkan tidak. “Yang pasti program 100 hari adalah reformasi birokrasi. Tak hanya¬†an sich¬†tapi juga peraturan-peraturan pemerintah. Tidak difokuskan pada kenaikan gaji,” tuturnya dalam keterangan pers di Kantor Menpan, Senin (26/10).

Prioritas ini, diakui Mangindaan, merupakan amanat yang diterimanya sebagai Menpan, antara lain membenahi sistem reformasi birokrasi, implementasi pelayanan publik yang undang-undangnya sudah ada serta kesiapan rencana strategis untuk 2009-2014.

Menpan juga mengaku tak ingin terburu-buru karena kebijakan kenaikan gaji menteri atau pejabat negara sangat terkait dengan anggaran yang ada. Itupun lebih baik difokuskan untuk pembangunan yang berpihak kepada masyarakat, ungkapnya.

“Jadi mohon maaf kalau ditanya kenaikan gaji pada dasarnya pembahasan perlu hati-hati karena menyangkut berbagai aspek,” ujar Mangindaan.

“Orang mengatakan seolah-olah saya tidak membahas. Saya fokus ke 100 hari. Kita perlu tahu sejak tahun 2000, kenaikan gaji (birokrat) jalan terus. Untuk pejabat negara tidak dinaikkan. Kita katakan perlu, perlu, tapi perlu dipertimbangkan anggaran,” tegasnya kemudian.

Baca Juga :