Kenali Ciri Anak Cerdas Sejak Dini

Kenali Ciri Anak Cerdas Sejak Dini

Pada umumnya, masing-masing anak mempunyai tingkat kepintaran yang berbeda. Bunda dapat melihatnya dari perilaku si kecil keseharian sejak ia memasuki usia 2 tahun. Akan tetapi, tidak jarang kali urusan ini luput dari perhatian orang tua, sampai-sampai mereka menjadikan peringkat di sekolah sebagai tolok ukur kepintaran si kecil.

Lalu, apakah buah hati Bunda tergolong dalam kelompok anak yang cerdas? Yuk kenali ciri-cirinya inilah ini:

Cenderung Sangat Aktif

Aktif menjadi di antara ciri anak cerdas yang sangat gampang dikenali. Namun, aktif kali ini bukan hiperaktif ya Bunda. Anak yang mempunyai sifat hiperaktif cenderung mempunyai sifat agresif dan terkadang susah dikendalikan. Sementara aktif di sini, si kecil mempunyai tingkat fokus yang tinggi dan telah dapat memberikan respons terhadap suatu situasi di sekelilingnya.

Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Kedua, si kecil yang cerdas tidak jarang kali mempunyai rasa hendak tahu yang tinggi. Ia akan tidak jarang kali penasaran terhadap hal-hal yang baru dan unik di sekitarnya. Tugas Bunda dan Ayah ialah selalu mendampinginya dan sabar dalam membalas segala pertanyaan sebagai respons terhadap besarnya keingintahuannya. Jangan memarahi si kecil andai Bunda atau Ayah tidak memahami apa yang sedang ia kerjakan atau ia jajaki katakan.

Kreatif

Kreatif menjadi ciri anak cerdas berikutnya. Kreativitas ini tidak melulu terlihat dari bagaimana si kecil membuat sesuatu dengan teknik yang berbeda, melainkan pun terlihat dari bagaimana ia dapat menemukan penyelesaian dari persoalan yang tengah ia hadapi. Agar lebih terasah, Bunda dapat memberikan si kecil mainan berbentuk puzzle atau bongkar pasang. Lihat bagaimana ia berjuang menyusun pulang kepingan puzzle itu dengan metodenya sendiri.

Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Kuatnya daya ingat si kecil pun menjadi ciri andai ia tergolong anak yang cerdas. Kuatnya daya ingat si kecil tampak pada ketika usianya mulai menginjak 3 tahun, dan ia masih dapat mengingat dengan jelas seluruh kejadian yang pernah dialaminya saat masih berumur 1 tahun. Bunda juga dapat menstimulus daya ingat si kecil lewat lagu. Putarkan suatu lagu anak kesenangan si kecil. Coba ulangi keesokan harinya, andai si kecil masih ingat, berarti ia tergolong anak yang cerdas.

Memiliki Keberanian dan Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Ciri anak cerdas terakhir ialah si kecil mempunyai rasa percaya diri dan keberanian yang tinggi. Berani di sini bukan berani untuk Ayah dan Bunda ya, tetapi berani mengupayakan dan mengerjakan hal-hal baru. Dengan didukung dengan percaya diri yang besar, si kecil akan terlihat lebih menonjol dari teman-teman sebayanya ketika belajar maupun bermain. Ia pun dapat mengutarakan isi hati dan pikirannya dengan jelas dan tanpa rasa takut, serta tidak bakal merasa minder terhadap segala kelemahan yang dimilikinya.

Sumber : http://willbenton.com/feeder/?FeederAction=clicked&feed=fv%2b&seed=http%3A//www.pelajaran.co.id&seed_title=This%2byear&%238217%3Bs%2bgoals%2bat%2bthe%2bmidpoint