Peran Dominan Guru

Peran Dominan Guru

Peran Dominan Guru

Peran Dominan Guru

NGAMPRAH – Setelah tiga hari menjalani masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS),

kemarin ratusan siswa baru di SMPN 3 Ngamprah mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tercatat ada 301 siswa baru yang mengikuti kegiatan MPLS. Ketua Pelaksana MPLS Samsul Bukhori menyatakan, kegiatan bagi siswa baru di tahun ini, jauh lebih baik dibandingkan dengan kegiatan masa orientasi siswa (MOS) yang sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

’’Kegiatan PLS selama tiga hari kemarin itu tidak memberatkan siswa dan orangtua siswa. Kalau dulu dominan yang berperan itu adalah senior siswa dan para siswa dibebankan harus membawa makanan yang aneh-aneh, kalau sekarang justru dari para guru yang terjun langsung mengawal anak-anak,” kata Samsul saat dijumpai di SMPN 3 Ngamprah, kemarin.

Kegiatan PLS ini, kata dia, jauh dari kekerasan kepada siswa. Dengan sistem PLS,

anak-anak lebih diajarkan pada pengenalan sekolah, sistem belajar mengajar dan siswa diarahkan untuk memiliki sikap dan akhlak yang baik. ’’Guru sangat dominan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Terutama penekanan pada akhlak terhadap anak paling digencarkan dalam kegiatan ini,’’ ungkapnya.

Di SMPN 3 Ngamprah, sebut dia, memiliki sejumlah kegiatan ekstrakulikuler untuk memberikan aktivitas positif bagi anak-anak. Mulai dari kegiatan Paskibra, PMR, remaja masjid, kegiatan olahraga futsal, basket, bola voli, karate, serta pelatihan Bahasa Inggris. ’’Kebanyakan siswa mengikuti kegiatan Paskibra karena memang sekolah ini dikenal dengan prestasi Paskibra,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Ngamprah Juhaendi menambahkan, minat siswa

yang masuk ke SMPN 3 Ngamprah cukup tinggi. Setiap tahun pendaftar ke sekolah ini mengalami peningkatan. Namun, pihak sekolah tetap membatasi lantaran keterbatasan ruangan dan fasilitas. ’’Saat ini kami masih memberlakukan dua shift, yakni sekolah pagi dan siang. Saat ini baru ada 12 kelas yang kami miliki. Mudah-mudahan ke depan bisa dibangun ruang kelas baru (RKB) agar bisa menampung siswa lebih banyak,’’ pungkasnya.

 

Baca Juga :