Pemilihan Duta Bahasa Segera Digelar

Pemilihan Duta Bahasa Segera Digelar

Pemilihan Duta Bahasa Segera Digelar

Pemilihan Duta Bahasa Segera Digelar

SUMUR BANDUNG – Balai Bahasa Jawa Barat akan menggelar Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat

Tahun 2016 (Dubas Pelajar Jabar 2016). Adapun pelaksanaan kegiatan Pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2016 diawali dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pada 29 Agustus 2016 mendatang dan akam di finalkan pada 8 September 2016.

Asep Rahmat, Panitia Pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2016 mengatakan, nantinya perseta yang akan terpilih menjadi Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat harus memiliki wawasan luas, memiliki pengetahuan tentang kebudayaan Jawa Barat, berkepribadian baik dan berpenampilan menarik.

”Selain memiliki kriteria tersebut, peserta juga harus menguasai minimal satu bahasa asing

dan salah satu bahasa daerah di Jawa Barat,” katanya kepada wartawan kemarin (26/7).

Asep mengungkapkan, persyaratan yang harus dipenuhi peserta yang akan mengikuti seleksi pemilihan Dubas Pelajar Jabar 2016 antara lain, berusia 15 hingga 17 tahun dan belum menikah, siswa/siswi SMA/SMK/MA/sederajat di Jawa Barat, mengisi formulir pendaftaran, melampirkan pindaian/foto kartu pelajar atau surat keterangan siswa dari sekolah, melampirkan foto seluruh badan terbaru serta membuat esai sebanyak satu halaman A4.

”Ada dua tema yang akan diajukan antara lain, Pengaruh Media Sosial terhadap Budaya Membaca

dan Menulis serta Literasi sebagai Sarana Pemertahanan Bahasa di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, nantinya semua persyaratan peserta dapat dikirim ke email dutabahasapajar@gmail.com, paling lambat 15 Agustus 2016 pukul 23.59 WIB dengan subjek Dubas pelajar/nama/sekolah/domisi.

Pendaftaran peserta Pemilihan Dubas Pelajar 2016 yang bertema ”Pemartabatan Bahasa Indonesia melalui Budaya Membaca dan Menulis” ini akan dimulai 18 Juli s.d. 15 Agustus 2016 di Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung 40113.

”Bagi peserta yang daftar tidak dikenakan biaya sedikitpun alias gratis,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://jilbabbayi.co.id/struktur-novel/