Pasok Listrik untuk UNBK

Pasok Listrik untuk UNBK

Pasok Listrik untuk UNBK

Pasok Listrik untuk UNBK

CIMAHI – PT PLN (Persero) Area Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, mengaku siap

untuk memasok dan menjaga aliran listrik agar tidak padam pada saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pelaksanaan UNBK yang memerlukan perangkat computer dan jaringan internet itu, otomatis akan memerlukan pasokan listrik yang cukup dan tanpa ada gangguan atau pemadaman, agar prosesnya berjalan lancar.

Seksi operasi PLN Cimahi, Cucu Sudrajat mengungkapkan dengan enam Gardu Induk (GI) dengan 104 penjulang, yang per satu penjulang dapat mengisi aliran listrik di beberapa gardu dan yang selalu dipelihara secara berkala maka bisa di pastikan PLN area Cimahi siap membantu kelancaran UNBK 2017 mendatang.

”Dengan pemeliharaan secara berkala, terutama untuk pelaksanaan momen tertentu,

jadi dapat dipastikan kita siap suplai dan menjaga keamanan pasokan listrik,” ujarnya, saat ditemui di Kantor PLN Ares Cimahi Jalan Amir Machmud Kota Cimahi, Jum’at (24/3).

Dikatakan Cucu, untuk pelaksanaan UNBK 2017, pihaknya akan memasok sekitar 217 sekolah yang ada di Cimahi dan KBB yang terdiri dari 83 SMK, 79 SMA dan 55 SMP. Beruntung dari jumlah tersebut pelaksanaannya berbeda. Sehingga pihaknya bisa membagi waktu untuk pengamanan pasokan dan menjaga alirannya agar tidak padam.

”Untuk tahun ini jumlah sekolah yang UNBK meningkat, kalau dulu hanya sekitar 20 sekolah untuk tahun sekarang naik hingga 217 sekolah,” katanya.

Untuk benar-benar menjaga kelancaran UNBK, pihaknya akan mengadakan pengecekan kepada rayon-rayon

PLN untuk memastikan penyulang mana yang akan memasok listrik kepada sekolah-sekolah pelaksana UNBK sehingga suplainya bisa terjaga dan aman.

Mengenai gangguan yang bisa saja terjadi, Cucu mengaku, hal tersebut memang tidak dapat diprediksi, sehingga dibutuhkan kerjasama antara pihak PLN dan masyarakat.

“Biasanya gangguan yg paling sering itu karena layang-layang, apalagi saat musim kemarau. Karena layang-layang itu biasanya suka dipakai kawat diujungnya, sehingga kalau kena kabel listrik bisa mengakibatkan short circuit atau arus hubung singkat yang menyebabkan trip ke gardu induk,” akunya.

Cucu menjelaskan, Untuk gardu induk jika memadamkan satu penyulang bisa membuat padam puluhan gardu. Sehingga jika satu gardu mengaliri 200 pelanggan maka bisa dibayangkan berapa pelanggan yang akan terganggu. Potensi gangguan lain lanjutnya, karena pohon tapi ia mengaku sudah dilakukan pemeliharaan.

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/