Unpak Siapkan Lulusan Berkarakter

Unpak Siapkan Lulusan Berkarakter

Unpak Siapkan Lulusan Berkarakter

Unpak Siapkan Lulusan Berkarakter

Universitas Pakuan (Unpak) menggelar wisuda gelombang pertama 2019

di Gedung Braja Mustika, kemarin.

Berbeda dengan wisuda sebelumnya, dalam sidang senat terbuka gelombang pertama tahun ini, Unpak menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan society 5.0 dilengkapi pendidikan agama dan karakter. Hal tersebut, kata Rektor Bibin Rubini, untuk mewujudkan Indonesia emas 2045.

Usia emas tersebut, kata Bibin, harus diisi generasi milenial dan alpha, memiliki kemampuan komponen-komponen revolusi industri yang harus disiapkan dari sekarang. Perkembangan teknologi semakin tak terbendung, sehingga memaksa untuk mengasah kompetensi diri dan dapat mengimbanginya.

“Siapkan lulusan yang punya kemampuan 5.0, yang dibekali pendidikan agama

dan karakter . Karena tidak menutup kemungkinan, kemajuan teknologi akan semakin liar dan bisa digunakan ke hal negatif,” ungkap Bibin kepada Radar Bogor, kemarin. Dengan pendidikan agama dan karakter, katanya, sebagai kontrol dan soft skills yang akan membawa kepentingan bersama.

Salah satu cara menanamkan karakter, menurut Bibin, dengan menularkan kearifan lokal, Jawa Barat, sebagai trilogi yang masih relevan hingga saat ini. “Yakni silih asih, asah, asuh dan silih wangi, merupakan trilogi yang harus dijadikan pegangan dan nasehat untuk semua. Bila semuanya dapat diterapkan akan tercipta harmonisasi antar manusia,” jelasnya.

Trilogi tersebut adalah pegangan hidup dan bermasyarakat, yang merupakan warisan leluhur

. Sehingga, memasuki era 5.0, Indonesia lebih siap dengan berbagai kemampuan yang dimiliki dan mampu menerapkan dengan benar. Mampu mengendalikan teknologi, agar perkembangannya selalu ke arah yang lebih baik dan positif.

“Kalo punya rasa jujur, displin, bisa bergaul , itu bagian dari soft skills, kebutuhan dan penyeimbang pengetahuan serta mampu membawa pada kesuksesan,” tambah Bibin.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV, Prof Dr. Uman Suherman. Menurutnya, lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja dan sukses tidak hanya memiliki ilmu, mengantongi IPK tinggi, juga memiliki karakter yang baik dan siap bersaing.

“Saya setuju dengan Rektor, Bibin Rubini. Lulusan ga cuma punya IPK tinggi, pintar dan cerdas tapi punya jaringan, semangat kompetensi,” ungkap Uman Suherman.

Gelombang pertama tahun ini, Unpak mewisuda 515 lulusan. Terdiri dari, program Pascasarjana S3 empat wisudawan, S2 ada 21 orang, S1 dari berbagai fakultas berjumlah 485 dan lulusan dari Diploma 3 (D3) lima orang

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/