Lilly The Litte Hope, Film Animasi Karya Siswa SMKN 1 Ciomas

Lilly The Litte Hope, Film Animasi Karya Siswa SMKN 1 Ciomas

Lilly The Litte Hope, Film Animasi Karya Siswa SMKN 1 Ciomas

Lilly The Litte Hope, Film Animasi Karya Siswa SMKN 1 Ciomas

Namaku Lilly, aku hidup bersama keluarga kecilku. Tapi Ibuku meninggal

saat aku masih kecil. Dan sejak itu, aku takut untuk keluar rumah

Itulah narasi dalam teaser film animasi berjudul “Lilly The Litte Hope” karya Siswa SMK Negeri 1 Ciomas, Fakhri Muzaki Ramadhan. Diunggah di media sosial YouTube pada akhir tahun 2018, video tersebut telah di tonton 8.300 pasang mata. Hal tersebut menjadi pembuktian bahwa Siswa SMK memiliki kompetensi di bidang keahlian yang ditekuni.

Fakri mengakatan, film pendek tersebut merupakan karya yang harus dia buat untuk memenuhi tugas uji kompetensi keahlian di sekolah. Proses penggarapan memakan waktu satu semester lebih untuk melakukan persiapan hingga penyelasaian. “Ide sendiri udah muncul saat duduk di semester akhir kelas XI, tapi mulai eksekusi pas udah masuk kelas XII,” tutur siswa jurusan Animasi tersebut, saat dihubungi via daring, Selasa, (8/1/2019)

Mengenai ide cerita, Fakhri menyelaraskan dengan keahlian teknis yang dia miliki

. Maka dari itu, ia memilih tema yang sederhana namun dapat digarap dengan baik sesuai dengan kapasitasnya. “Karena saya masih belajar, jadi harus mikirin konten (ide ceirta) yang sesuai sama kemampuan, percuma kalau ide ceritanya bagus tapi kemampuan teknis yang kita miliki belum maksimal,” tambahnya.

Fakhri menjelaskan, film pendeknya menceritakan tentang petualangan seorang anak kecil yang harus hidup tanpa orang tuanya sejak kecil. Lebih jauh, ide cerita yang dia tuangkan akan lebih luas. “FIlm ini juga menceritakan tentang kehidupan sosial, serta memotivasi agar mampu untuk selalu berjuang dalam menjalani kehidupan, seperti judulnya, kita harus memiliki harapan,” imbuhnya.

Fakrhi pun menjanjikan, di film pendek berdurasi 10 menit tersebut akan banyak

menampilkan tampilan gambar yang imajinatif. “Melalui animasi, kita harus menuangkan ide yang enggak bisa dituangin di dunia nyata, jadi nanti akan ada shoot yang lebih imajinatif dan penuh fantasi,” ucap siswa yang mengidolakan Roni Gani, Animator asal Indonesia.

Ketua Program Animasi SMKN 1 Ciomas, Januar Ashari mengatakan, selain sebagai tugas, pembuatan film animasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang yang ditekuni. “Hasilnya tentu beraneka ragam, sesuai dengan passion dan ketekukan mereka. Namun kami dari pihak sekolah selalu memberi fasilitas semaksimal mungkin, memberi stimulus kepada siswa, serta memberikan jam pelayan di luar jam kegiatan belajar mengajar,” ucapnya via daring, Selasa (8/1/2019).

Film pendek Karya Fakhri dan siswa jurusan Animasi SMKN 1 Ciomas lainnya akan dirilis pada pertengahan Februari mendatang, bertetapan dengan pengumpulan tugas uji kompetensi keahlian siswa jurusan Animasi di sekolah tersebut.***

 

Sumber :

https://solopellico3p.com/pengertian-shalat/