Langkah Kecil Untuk Menata Kembali Hidup Lebih Baik

Langkah Kecil Untuk Menata Kembali Hidup Lebih Baik

Sahabat, baik saya maupun Anda semua pasti pernah mengalami fase terburuk dalam hidup. Fase itu yang membuat kita terkesan “ogah-ogahan” menjalani hidup. Bahasa kerennya “mati segan hidup pun tak mau”, ya kan?

Kita semua pernah mengalami yang namanya fase “berantakan” dalam hidup. Tak tahu tujuan hidup, tak tahu mau apa dalam hidup. Dengan keadaan yang seperti itu, kadang kita “ngedumel” ” Ya Allah, kenapa sih hidup saya begini banget”.

Kalau sudah begini, rasanya kita ingin kembali ke masa kecil, tanpa beban tanpa masalah. Betul apa betul?

Yang perlu Anda garis bawahi, jangan jadikan kejadian buruk di masa lalu mempengaruhi hidup Anda ke depan. Kalau Anda masih berkutat dengan ingatan masa lalu, sulit rasanya untuk Anda lebih leluasa melangkah maju.

Bagaimana agar Anda lepas dari belenggu masa lalu ? Jawabannya, Anda hanya perlu MENATA KEMBALI hidup Anda menjadi lebih terstruktur dan terarah.

Caranya? Anda bisa simak 5 langkah kecil berikut yang bisa Anda terapkan pada diri Anda.

#1 BELAJAR DARI MASA LALU
Sahabat, Anda pasti pernah punya pengalaman buruk dalam hidup. Jangan sampai, trauma dari masa lalu yang buruk itu menjadi penghalang untuk Anda. Yang perlu Anda tahu, ada pelajaran dari masa lalu yqng dapat Anda petik untuk memperbaiki hidup Anda hari ini.

Mengapa? Karena ini akan sangat membantu Anda untuk mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

#2 TINGGALKAN KEBIASAAN BURUK
Setiap manusia pasti punya kebiasaan buruk. Namun, tanpa kita sadari, kebiasaan buruk itu yang terkdang menjadi amygdala bagi diri kita sendiri.

Memperbaiki kebiasaan merupakan hal terpenting untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. Renungkan, kebiasaan buruk apa yang sering Anda lakukan. Ubah kebiasaan ini secara bertahap.

Anda bisa memulai ini dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

#3 BERPIKIR POSITIF
Nah, ini juga merupakan hal penting dalam proses menata diri. Berpikir positif akan membantu Anda untuk fokus pada tujuan hidup bukan pada kesulitan hidup.

Berpikir positif juga merupkan bagian dari afirmasi. Lakuka afirmasi untuk hal-hal yang baik jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik untuk hidup Anda.

#4 LAKUKAN EVALUASI
Selain itu, Anda pu harus berbicar pada diri Anda sendiri. Lakukan evaluasi terhadap hal-hal apa saja yang sudah dan belum Anda lakukan dalam hidup. Coba Anda pikirkan lagi. Apa dampak hal-hal terebut untuk hidup Anda.

Evaluasi lagi apakah selama ini Anda sudah berkomitmen dengan janji-janji pada diri Anda sendiri?

#5 BERGERAK DARI ZONA NYAMAN
Terakhir, yang bisa Anda lakukan adalah dengan bergerak keluar dari zona nyaman Anda. Keluar dari COMFORT ZONE merupakan salah satu cara cepat untuk meningkatkan diri Anda ke satu fase hidup yang lebih baik,

Mengapa?

Karena dengan keluar zona nyaman, Anda akan menemukan banyak tantangan. Dengan banyak tantangan Anda akan banyak berpikir tentang bagaimana cara menghadapi tantangan. Dengan menghadapi tantangan, Anda akan banyak belajar untuk menjadi manusia yang tangguh yang tahan guncangan.

Semoga tips sederhana ini bisa membuka pemikiran Anda untuk berbenah diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Anda pun boleh share postingan ini, siapa tahu ada rekan-rekan Anda di luar sana yang meman ternyata butuh masukan untuk memperbaiki hidup.

Baca Juga: