Pendekatan Geografi

Pendekatan Geografi

Pendekatan Geografi

Pendekatan Geografi

Pendekatan Keruangan.

Pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan. Eksisitensi ruang dalam perspektif geografi dapat dipandang dari struktur (spatial structure), pola (spatial pattern), dan proses (spatial proces) (Yunus, 1997).
Dalam konteks fenomena keruangan terdapat perbedaan kenampakan strutkur, pola dan proses. Struktur keruangan berkenaan dengan dengan elemen-elemen penbentuk ruang. Elemen-elemen tersebut dapat disimbulkan dalam tiga bentuk utama, yaitu: (1) kenampakan titik (point features), (2) kenampakan garis (line features), dan (3) kenampakan bidang (areal features).
Kerangka kerja analisis pendekatan keruangan bertitik tolak pada permasalahan susunan elemen-elemen pembentuk ruang.

Pendekatan Kelingkungan (Ecological Approach).

Dalam pendekatan ini penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan varaibel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya tidak mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam saja, tetapi harus pula dikaitkan dengan (1) fenomena yang didalamnya terliput fenomena alam beserta relik fisik tindakan manusia. (2) perilaku manusia yang meliputi perkembangan ide-ide dan nilai-nilai geografis serta kesadaran akan lingkungan.

Pendekatan Kompleks Wilayah

Permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Selain itu, setiap masalah tidak disebabkan oleh faktor tunggal. Faktor determinannya bersifat kompleks. Oleh karena itu ada kebutuhan memberikan analisis yang kompleks itu untuk memecahkan permasalahan secara lebih luas dan kompleks pula.

Baca Juga : 

 

Prinsip dan Aspek Geografi

Prinsip dan Aspek Geografi

Prinsip dan Aspek Geografi

 

Prinsip-prinsip dasar geografi

terbagi menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut :

Prinsip Persebaran adalah

prinsip geografi yang berkenaan dengan persebaran gejala di permukaan bumi yang cenderung tersebar tidak merata.

Prinsip Interelasi adalah

prinsip geografi yang berkenaan dengan hubungan timbal balik (interelasi) antara gejala yang satu dan gejala yang lainnya.

Prinsip Deskripsi adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan pemaparan (deskripsi) suatu gejala di permukaan bumi baik melalui tulisan, tabel, diagram, peta, atau video.

Prinsip Korologi (keruangan) adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan kajian gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau dari aspek persebaran, interelasi, dan interaksinya dalam ruang (permukaan bumi) yang membentuk suatu integritas atau kesatuan tertentu.

Aspek-aspek geografi terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu sebagai berikut.

Aspek Topologi

Meliputi unsur letak, batas, luas dan bentuk (morfologi) dari suatu wilayah.

Aspek Nonbiotik

meliputi unsur kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.

Aspek Biotik, meliputi unsur vegetasi (tetumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan kajian penduduk.

Aspek Sosial, meliputi unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.

Aspek Ekonomi, meliputi unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.

Aspek Budaya, meliputi kajian unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian.

Aspek Politik, meliputi unsur pemerintahan dan kepartaian yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Sumber : https://dosen.co.id/

Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Luka

Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Luka

Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Luka

Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Luka

Luka yang terlihat pastinya

membuat percaya diri menjadi berkurang, apalagi kalau bekas luka tersebut terdapat pada bagian-bagian yang sangat terlihat seperti di wajah, lengan, dan juga kaki. Berikut tipsnya adalah :
Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Minyak Zaitun
Cukup dioleskan minyak zaitun pada bekas luka. Hal ini bisa dilakukan secara rutin sehingga luka semakin mudah hilangnya.

Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Lidah Buaya

Gunakan daging lidah buaya ini dan oleskan pada daerah yang terkena luka.
Gunakan juga secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.
Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Daun Pare
Tumbuk daun pare secukupnya dengan menambahkan sedikit air, atau bisa dicampur dengan bedak bayi dan dibalurkan ke bagian yang kehitaman akibat bekas luka. Diamkan kurang lebih selama 4 jam secara rutin selama 3-4 minggu.

Menhilangkan Bekas Luka Menggunakan Daun Randu

menumbuk beberapa pucuk daun randu lalu tempel di bekas luka sampai ramuan tumbukan daun randu itu kering sendiri kemudian bersihkan dengan air bersih. Lakukan berulang-ulang setiap hari sampai bekas lukanya pudar dan mungkin butuh waktu lama karena tidak instan.
Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Madu
Pertama, campurkan satu sendok teh madu dan teh biji pala bubuk lalu oleskan pada bagian bekas luka pada wajah.
Kemudian diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air dingin.
Lakukan perawatan tersebut dua kali dalam seminggu.

Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Minyak kelapaCobalah memijat area bekas luka dengan minyak kelapa. Cara ini bisa menyamarkan, meski tidak bisa menghilangkan sepenuhnya.

Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Jus mentimunOleskan

jus mentimun ke area bekas luka dan biarkan selama 15 menit sebelum membasuh muka dengan air dingin.

Menghilangkan Luka Dengan Minyak LavenderOleskan minyak lavender ke area bekas luka dengan menggunakan kapas, 2 kali sehari.

Menghilangka Bekas Luka Menggunakan Daun mintAmbillah beberapa lembar daun mint kemudian haluskan. Selanjutnya ambillah sari dari daun mint yang telah dihaluskan dengan menggunakan kain. Selanjutnya oleskan ke wajah atau area lain yang memiliki bekas luka.

Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Teh hijauBasahi kapas dengan teh hijau kemudian oleskan ke bekas luka.

Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Jus lemonJus lemon merupakan pemutih alami dan bisa membantu menyamarkan bekas luka dan belang-belang di kulit.

Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan CendanaKayu cendana Buatlah pasta campuran dari kayu cendana dengan air mawar. Oleskan pasta tersebut ke area bekas luka di malam hari dan bersihkan di pagi harinya. Metode ini dinyatakan sebagai salah satu cara terbaik menghilangkan bekas luka.

Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Susu

dan yogurtBuatlah larutan dari 1 sendok makan krim susu asam (pilihlah yang bebas lemak untuk muka berminyak), 1 sendok makan yogurt, 1 sendok makan oatmeal yang telah dihaluskan dan beberapa tetes jus lemon. Oleskan larutan ke muka dan biarkan 10 menit sebelum dibersihkan. Cara ini efektif mengangkat bekas-bekas luka di wajah.
Silahkan mencoba dengan cara mana yang cocok dengan anda. Rawatlah wajah dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih alami yang sudah disediakan oleh alam

Sumber : http://www.ngegas.com/

Pengumuman Finalis Anugerah Atikan Jabar pada 9 November 2018

Pengumuman Finalis Anugerah Atikan Jabar pada 9 November 2018

 

Pengumuman Finalis Anugerah Atikan Jabar pada 9 November 2018

 10 finalis perkategori lomba Anugerah Atikan Jabar

Pengumuman 10 finalis perkategori lomba Anugerah Atikan Jabar diumumkan pada 9 November 2018 mendatang. Sedangkan kegiatan final dilaksanakan pada awal Desember. Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Tikomdik, Endang  Susilastuti.

Walaupun sudah pada tahap penilaian oleh juri

Endang mengatakan masih banyak peserta yang meminta waktu tambahan. Ia menegaskan tidak akan memperpanjang waktu lomba karena karya sudah pada tahap penilaian oleh juri.

“Banyak yang minta ke kita untuk memperpanjang waktu pengumpulan karya, tapi kalau diperpanjang nanti tidak selesai-selesai. Mungkin untuk tahun depan saja,” ujar Endang saat ditemui di ruangannya, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Dr. Rajiman No.6, Kota Bandung, pada Selasa, 6 November 2018.

Endang mengatakan, banyaknya peserta yang meminta waktu tambahan menunjukan antusias masyarakat terhadarp kegiatan ini begitu besar. Bahkan latar belakang peserta begitu beragam.

Tahun ini hanya sasaran peserta merupakan guru  (perorangan)

peserta didik (perorangan/kelompok), guru atau peserta didik (perorangan/kelompok) dan sekolah jenjang SMA, SMK dan SLB di Jawa Barat. Akan tetapi, banyak peserta yang berasal dari jenjang SD hingga mahasiswa.

“Ini akan menjadi evaluasi untuk kegiatan tahun depan

Tahun depan kita akan buka untuk umum,” ujar Endang.

Ada 10 mata lomba yang dilaksanakan pada kegiatan ini, yaitu, lomba whiteboard animation for digital media dalam pembelajaran, lomba media interaktif, lomba film pendek dokumenter, lomba jingle, lomba iklan layanan masyarakat, lomba foto pendidikan, lomba edugame, lomba karya inovasi pembelajaran, lomba website sekolah dan lomba anugerah sekolah berbasis TIK.

 

Artikel terkait:

Vivo Bakal Umumkan Smartphone dengan Desain Baru?

Vivo Bakal Umumkan Smartphone dengan Desain Baru

 

Vivo Bakal Umumkan Smartphone dengan Desain Baru

Sama seperti sejumlah vendor smartphone lain, Vivo dilaporkan sedang menyiapkan pengumuman produk barunya dengan kode nama The Waterdrop. Smartphone tersebut akan diumumkan pada 24 Januari 2019.

Dilansir Phone Arena, Rabu (16/1/2019)

sebuah poster terkait smartphone tersebut dilaporkan telah beredar di ranah maya. Akun pembocor Ice Universe mengunggahnya di Twitter.

“Vivo ‘The Waterdrop’ invitation

released on January 24. Probably the most subversive phone, I will experience it at the press conference”, atau “Undangan ‘The Waterdrop’ Vivo, akan dirilis pada 24 Januari. Kemungkinan adalah ponsel paling subversif, dan saya akan mencobanya di dalam acara konferensi pers,” tulis Ice Universe dengan akun Twitter @UniverseIce.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Vivo tentang smartphone baru tersebut, termasuk konfirmasinya tentang laporan ini. Selain itu, bocoran tentang spesifikasinya pun tidak banyak beredar.

Menurut sumber Phone Arena

smartphone Vivo ini akan menyuguhkan desain berbeda dibandingkan yang ada di pasaran saat ini. “Saya bisa menjamin kalian tidak pernah merlihat desain ponsel seperti ini. Ini akan menjadi kali pertama dalam sejarah ponsel,” tuturnya.

Vivo Buka-bukaan soal Smartphone 5G dan Layar Lipat

Media gathering Vivo di Lembang, Bandung, Rabu (9/1/2019). Liputan6.com/Surya Handika
Teknologi 5G, smartphone layar lipat, hingga Artificial Intelligence (AI), disebut akan mendominasi tren smartphone pada 2019.

Menanggapi hal ini, Global Product Manager Vivo, Charles Ding, mengungkap 5G sudah diterapkan pada perangkat Vivo di Tiongkok. Lantas, Indonesia kapan?

“Untuk Indonesia sendiri segera menyusul, kami masih melihat dari segi infrastruktur pendukungnya,” kata Ding kepada Tekno Liputan6.com di Lembang, pada Kamis (10/1/2019).

Mengenai smartphone layar lipat, Ding masih melihat kompatibilitasnya dengan pengguna. Selain itu, ada beberapa komponen yang dinilainya masih cukup riskan jika diterapkan di smartphone layar lipat.

Ding pun berkata tidak akan terburu-buru dalam mengembangkannya. “Fokus utama Vivo bukanlah pada persaingan, melainkan inovasi dan kepuasan costumer,” ucap Ding.

Sementara, AI besutan vendor asal Tiongkok tersebut telah rampung dikembangkan. AI ini diberi nama Jovi.

Kemampuan AI Jovi dapat diandalkan dalam hal prediksi cuaca, konfigurasi file, dan dapat memberi saran sesuai dengan aktivitas pengguna. Teknologi ini juga dapat membantu dalam hal terjemahan dokumen secara cepat.

Teknologi Kamera Smartphone Masih Jadi Fokus Vivo Tahun Ini

Vivo Nex dengan layar nyaris tanpa bezel dan kamera pop-up yang tersembunyi. (Foto: The Verge)
Vivo pun terus mengembangkan teknologi kamera smartphone. Kebutuhan masyarakat, khususnya anak muda, yang gemar mengabadikan momen menarik, memerlukan spesifikasi kamera tinggi.

Vivo menjawab tantangan tersebut dengan pengembangan teknologi kamera dalam setiap smartphone yang dikeluarkannya. “Kebutuhan akan kamera yang sangat cepat menjadi alasan Vivo berfokus dalam pengembangan kameranya,” ungkap Ding.

Baru-baru ini, Vivo mengeluarkan inovasi pada kamera depan, yaitu elevating camera yang disematkan di Vivo Nex. Vivo menerapkan layar ultra full screen dengan konsep kamera pop up.

“Dalam pengembangannya, Vivo harus mandiri dalam segala hal. Mulai dari IT, komponen, design, dan research. Kemudian, meyakinkan vendor akan teknologi ini pun cukup sulit,” kata Ding.

 

Sumber : http://situsiphone.com/

SMKN 8 Bandung Galakan Gerakan Literasi Sekolah

SMKN 8 Bandung Galakan Gerakan Literasi Sekolah

 

SMKN 8 Bandung Galakan Gerakan Literasi Sekolah

 

SMKN 8 Bandung

SMKN 8 Bandung berkomitmen untuk menggalakkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Hal ini terlihat dari beberapa program GLS yang sudah diselenggarakan oleh Sekolah yang berdiri 1963 tersebut yakni pembiasaan membaca buku sebelum belajar mengadakan lomba literasi bagi siswa dan guru. Yang terbaru, salah satu siswa SMKN 8 Bandung, Rudiman berhasil menjadi juara membaca puisi se Kota Bandung.

Kepala SMKN 8 Bandung

Agung Indaryatno mengatakan, program GLS telah dicanangkan menjadi program unggulan sekolah tersebut. “Program program gls ini sudah menjadi program unggulan di sekolah kita dan sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun ke belakang, ketika pengelolaan SMK belum diambil oleh provinsi,” ucap Agung saat ditemui di SMKN 8 Bandung, Jalan Kliningan, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Selasa, 6 November 2018.

Sebagai salah satu program unggulan Agus menjelaskan, SMK 8 Bandung telah menyusun anggaran khusus perihal literasi sehingga dapat memudahkan siswa untuk mengakses hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan literasi. “Semua buku, baik yang menunjang dalam mata pelajaran ataupun yang bukan, semuanya sudah disediakan pihak sekolah. Jadi siswa hanya tinggal mengakses saja,” katanya menambahkan.

Agung pun berharap lewat kegiatan ini

siswa mampu memahami seberapa pentingnya literasi bagi kehidupan di era sekarang serta menjadikan buku sebagai prioritas utama. “Harapan kita siswa jadi memiliki kesadaran dan pemahaman betapa penting kegiatan literasi di abad 21 ini. Sehingga mereka mampu memiliki karakter yang dibutuhkan di abad sekarang, yakni adaptif terhadap segala perubahan yang ada,” tutur Agung.

Salah satu Siswa SMKN 8 Bandung

Rudiman mengatakan, menjadi penting bagi siswa untuk berliterasi sedini mungkin.  “Penting banget, khususnya literasi bahasa Indonesia. Karena darimana pun asal dan suku kita, kita harus tetap melakukan literasi bahasa pemersatu kita, yakni bahasa Indonesia,” tutur juara satu lomba membaca puisi SMK Se Kota Bandung tersebut.

 

Sumber : https://pengajar.co.id/

Gary Iskak Ubah Penampilan Jadi Lebih Religius

Gary Iskak Ubah Penampilan Jadi Lebih Religius

 

Gary Iskak Ubah Penampilan Jadi Lebih Religius

 

Gary Iskak Ubah Penampilan

Jakarta Aktor Gary Iskak beberapa tahun belakangan ini sudah merubah segalanya, dari gaya bicara hingga gaya berbusana. Wajar saja, ia kini tengah sibuk belajar banyak agama Islam dan ingin hijrah dari masa lalunya yang kelam.

Bukan hijrah tapi lagi belajar mencari hijrah

“Bukan hijrah tapi lagi belajar mencari hijrah. Menurut saya nih, maaf ya kalau saya salah namanya hijrah itu sudah meninggalkan duniawi, kerjaannya zikir, solat aja. Saya hanya ikutin sunahnya Nabi aja sih,” tutur Gary Iskak saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/1/2019).Gary Iskak pun menceritakan pengalaman religius nya, sehingga dirinya memilih berada di jalan Allah sejak 5 tahun terakhir ini. Pertama kali mendapatkan hidayah, menurutnya ada hal yang sangat lucu.

“Agak lucu sih ini kayak bodoh banget lah, nggak ada otaknya gitu gue jaman dulu. Jadi gue sempat kenal sama orang yang bisa (spiritualis) yang bisa ubah-ubah tanah jadi batu cincin gitu. Jadi syirik ya jatuhnya, gue menduakan Allah. Bukannya gue makin maju malah makin ancur makin nggak jelas,” ujarnya.

“Lalu temen saya namanya Reza dia mengingatkan kalau jalan saya sudah salah. Dia ajak saya belajar balik lagi ke jalan yang benar. Karena kan kalau sudah seperti saya dulu itu seperti keluar dari Islam. Jadi saya mengucapkan dua kalimat syahadat lagi. Jadi harus bener-bener dijalani dengan baik sih,” tambahnya.

Richa Novisha

Perubahannya kali ini pun didukung sang istri, Richa Novisha. Bahkan ibu dua anak itu pun terkadang sering kali ikut Gary Iskak untuk pengajian di luar daerah Jakarta.

“Ya mendukung sekali sih. Kan kita ke jalan yang baik. Jalannya allah. Jadi mendukung. Kadang-kadang ikutkan memang kalau kemarin. Sampai sekarang anak masih menyusui jadi nggak bisa lepas jadi agak susah kalau diajak jarak jauh kan. Jadi saya yang ke sana aja (Serang),” tutur Gary Iskak.

Artikel Terkait :

Intip Resolusi Kecantikan dari Deretan Selebritas Dunia

Intip Resolusi Kecantikan dari Deretan Selebritas Dunia

 

Intip Resolusi Kecantikan dari Deretan Selebritas Dunia

Jakarta Tahun 2019 telah tiba

saatnya kamu menetapkan resolusi di tahun baru ini. Sebelumnya kamu juga perlu melakukan evaluasi untuk resolusi tahun mendatang yang belum tercapai baik dalam bidang kesehatan, karier, hubungan, hingga rutinitas kecantikan.

Untuk menginspirasi resolusi kecantikan ini, kamu bisa menyontek dan mengambil inspirasi dari resolusi kecantikan para selebritas seperti Jolin Cai, Charmaine Sheh, dan Dee Hsu. Seperti menggunakan tabir surya meski di dalam ruangan untuk mencerahkan kulit, hingga menemukan aromaterapi khas untuk mempengaruhi mood-mu di pagi hari.

Berikut resolusi kecantikan dari deretan selebritas dunia yang bisa jadi inspirasi seperti dilansir dari situs Herworld, Kamis (10/1).

1. Pemijatan singkat – Jolin Cai

Diva dalam dunia dance Jolin Cai ini memiliki rutinitas melakukan mini facial seperti memijat wajah untuk menghilangkan sembab pada wajah. Pada postingannya melalui media sosial dirinya selalu memijat titik-titik pada wajah sebelum tampil menari.

Untuk melakukan pemijatan wajah singkat ini caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu memoleskan minyak jojoba atau zaitu pada seluruh wajah kemudian pijat ringan menggunakan jari-jari.

Rutin melakukan ritual kecantikan ini bisa membantu menekan cairan berlebihan pada wajah sehingga terlihat lebih tirus. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga pipi terasa lebih kenyal dan merona alami.

2. Serum mata di pagi hari – Charmaine Sheh

Krim mata bisa menjadi skincare yang kamu tambahkan dalam rangkaian ritual kecantikan setiap harinya. Seperti serum wajah, serum mata memiliki formula menembus kulit lebih dalam dan menutrisi hingga lapisan terbawah kulit kamu.

Area mata yang diberikan perawatan kecantikan menggunakan serum setiap pagi terlihat lebih segar dan cerah. Tanpa adanya mata panda wajahmu juga akan terlihat jauh lebih muda.

Hal ini jugaa yang dilakukan oleh bintang Story of Yanxi Palace, Charmaine Sheh yang selalu menggunakan serum mata di pagi hari. Hasilnya ia melihat lingkaran gelap pada sekitar mata terlihat berkurang setelah memasukkan serum mata ke dalam rutinitas perawatan kulitnya.

3. Terima dan cintai kulitmu – Dee Hsu

Saat melihat cermin, lihat kekurangan dan kelebihan kulitmu. Kemudian terima dan cintai kulit kamu seperti apapun itu. Hal ini akan membuat kamu lebih bahagia dalam melalui hari-hari.

Saat kamu mencintai kulitmu, kamu akan merawatnya dengan baik dan tahu seperti apa riasan dan tampilan yang tepat dan terbaik untukmu. Kamu juga tidak melakukan ritual kecantikan berlebihan hanya untuk membuatnya sempurna seperti botox dan filler.

Hal ini juga yang diterapkan Dee Hsu agar tidak terlalu berlebihan pada kulit. Tidak hanya melihat pada kekurangan namun mencintai kulit dan kelebihannya untuk membuat lebih percaya diri.

 

Sumber : https://www.modelbajumuslimbatik.com/

Melihat Toko Fossil Bernuansa Modern Pertama di Indonesia

Melihat Toko Fossil Bernuansa Modern Pertama di Indonesia

 

Melihat Toko Fossil Bernuansa Modern Pertama di Indonesia

 

Toko Fossil Bernuansa Modern

Jakarta Selain produk yang berkualitas, konsep toko yang tidak biasa nyatanya juga dapat mempengaruhi pengalaman berbelanja. Untuk Time International dan Fossil Indonesia menghadirkan konsep ritel yang dirancang baru.

Toko Fossil

Toko Fossil terbaru yang terletak di pusat perbelanjaan Grand Indonesia ini menjadi toko pertama di Indonesia. Konsep toko ini memberikan layanan unik kepada kamu pecinta brand asal Amerika ini.

Terletak di kawasan Jakarta Pusat yang padat toko ini akan membawa semangat proses dan pengerjaan. Selain itu toko ini juga berfokus pada layanan personalisasi produk. Ini sebagai langkah mewujudkan tujuan Fossil untuk meningkatkan pengalaman belanja modern masyarakat di perkotaan.

Bahan-bahan baru dan palet warna yang canggih diterapkan untuk konsep toko ini. Warna abu-abu, sentuhan akhir kuningan, lantai batu bata, dan pops hitam yang dipasangkan dengan kayu berlapis. Ini berfungsi sebagai muse untuk palet material, menambah sentuhan modern yang lembut pada elemen desain interior toko.

Interior gerai Fossil berkonsep modern pertama di Indonesia

Segala sesuatu di toko memberikan layanan khusus dan filosofi yang bercerita. Semua elemen desain dipilih secara khusus untuk bersandar pada konsep handmade yang telah menjadi salah satu prinsip pendiri brand Fossil sejak 30 tahun yang lalu.

Maker

Gerai ini adalah yang pertama dari toko konsep ritel bertajuk “Maker” yang diluncurkan untuk Fossil di Indonesia. Namun kedepannya di tahun 2019 ditargetkan semua gerai Fossil telah memiliki konsep toko yang sama dan memberikan pengalaman belanja modern bagi sahabat Fimela.

Sumber : https://www.modelbajumuslimbatik.com/

AKTIVA TETAP TIDAK DAPAT DIPERBARUI DAN PEMBERHENTIAN AKTIVA TETAP+

AKTIVA TETAP TIDAK DAPAT DIPERBARUI DAN PEMBERHENTIAN AKTIVA TETAP

 

AKTIVA TETAP TIDAK DAPAT DIPERBARUI DAN PEMBERHENTIAN AKTIVA TETAP+


Pengertian Aktiva Tetap

Aktiva tetap adalah dapat di hentikan penggunaannya dengan membuang, menjual, atau menukarnya pada umumnya, pada waktu aktiva dilepaskan, penyusutan atau amortisasi yang belum dicatat untuk periode bersangkutan dicatat sampai tanggal pelepasan. Dengan demikian nilai buku pada tanggal pelepasan atau penghentian penggunaan dapat dihitung sebagai selisih antara harga perolehan aktiva itu dan akumulasi penyusutannya.

Jika harga pelepasan lebih besar dari pada nilai buku, diakui keuntungan. Sebaliknya, jika harga pelepasan lebih kecil dari pada nilai buku, diakui kerugian. Keuntungan atau kerugian dilaporkan pada penghitungan rugi laba sebagai “ pendapatan dan keuntungan nilai-nilai” atau “ beban dan kerugian lain-lain” pada
tahun pelepasa aktiva. Sebagai bagian ayat pelepasan, saldo dalam perkiraan aktiva dan akumulasi penyusutan untuk aktiva tersebut dihapuskan

Jenis-jenis Aktiva

Aktiva lancar (current assets): adalah bentuk aktiva yang dalam waktu singkat (kurang dan satu tahun) dapat diubah menjadi uang kas. Aktiva lancar meliputi kas (cash), investasi jangka pendek (temporary investment), wesel tagih (notes receivable), piutang dagang (accounts receivable), penghasilan yang masih akan diterima (accrued receivable), persediaan (inventories), biaya yang dibayar di muka (prepaid expenses).

Aktiva tetap (fixed assets): adalah harta kekayaan milik perusahaan yang dapat diukur dengan jelas (tangible) dan bersifat permanen. Aktiva tetap dibeli dengan tujuan dipakai sendiri oleh perusahaan dan tidak dijual kembali. Contoh aktiva tetap adalah tanah (land), bangunan (building), mesin-mesin (madiinery), perabot dan peralatan kantor (office furniture and fixtures), perabot dan peralatan toko (store furniture and fixtures), alat pengangkutan (delivery equipment).

Aktiva tidak berwujud (intangible assets): adalah semua aktiva yang tidak dapat disimpan dalam bentuk persediaan dan dipegang bentuknya tetapi dapat dirasakan. Aktiva tidak berwujud ini merupakan hak milik perusahaan dan kepemilikannya dilindungi oleh undang-undang. Contohnya adalah hak cipta (copyrights), hak sewa atau hak kontrak (leasehold), hak monopoli (franchises), hak paten, merek dagang (trademarks), goodwill, dan biaya organisasi (organization costs).

Pengertian aktiva tetap tidak dapat diperbarui

Adalah penyusutan atas harta-harta berupa kekayaan alam, seperti tambang batu bara, tambang timah. Tambang emas dan lain-lain. Penyusutan biasanya dilakukan berdasarkan berupa perkiraan kapasitas produk tambang dibandingkan dengan jumlah perkiraan kandungan barang tambang tersebut.

Penghentian Untuk Aktiva Tetap

Penghentian aktiva tetap terjadi pada saat aktiva tetap belum habis masa manfaatnya maupun pada saat masa manfaatnya tersebut telah habis. Jika aktiva tetap telah habis masa manfaatnya berarti pada saat penghentian aktiva tetap tersebut telah disusutkan secara penuh.

Penghentian Aktiva Tetap

Bila aktiva tetap dihentikan sebelum masa manfaatnya habis atau selesai, maka akan timbul adanya laba atau rugi akibat penghentian tetap tersebut. Penghentian aktiva tetap sebelum habis masa manfaatnya dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dijual atau ditukar dengan aktiva tetap lain.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/