Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan

Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan

Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan adalah pengetahuan pengetahuan yang memperlajari tingkah laku yang berjalan di dalam proses pendidikan. Pengertian perihal psikologi pendidikan akan lebih konkret, jikalau kita mengkaji perihal hal-hal apa saja yang dipelajari di dalam psikologi pendidikan. Tiap-tiap buku yang mengkaji perihal psikologi berisikan pokok-pokok sajian yang berbeda-beda, namun inti mengisi penyajiannya tidak jauh berbeda.

Sejauh pengamatan penulis terhadap berbagai buku psikologi pendidikan, bahwa psikologi pendidikan meliputi pokok-pokok pembahasan sebagai berikut;
Pengetahuan perihal “psikologi pendidikan”
Pentingnya psikologi pendidikan
Hereditas
Lingkungan fisiologis
Pertumbuhan dan perkembangan
Sifat dan hakikat kejiwaan manusia
Proses-proses tingkah laku
Hakikat dan area lingkup belajar
Faktor-faktor yang merubah belajar
Prinsip-prinsip dan teori-teori belajar
Pengukuran dan evaluasi hasil belajar
Tranfer belajar atau latihan
Teknik-teknik pengukuran dan evaluasi
Statistik dasar
Kesehatan mental
Pendidikan watak
Apabila psikologi pendidikan di dalam metodologi pengajaran modern
Dari sejumlah pokok pembahasan psikologi pendidikan yang dikemukakan di atas, ternyata perihal belajar menjadi sentral pembahasan di dalam psikologi pendidikan. Hal ini disebabkan, gara-gara belajar mengajar merupakan perilaku inti di dalam proses pendidikan di mana anak didik dan pendidik berinteraksi. Interaksi belajar mengajar ditunjang oleh sebagian faktor lain di dalam pendidikan, pada lain; obyek pendidikan, pendidik, anak didik, alat dan layanan pendidikan, metode mengajar, materi pelajaran, dan lingkungan. Psikologi pendidikan mengusahakan untuk mewujudkan tindakan psikologis yang pas di di dalam hubungan antar tiap tiap faktor pendidikan itu.

Inti masalah psikologis di dalam proses pendidikan adalah terdapat terhadap anak didik, gara-gara pendidikan terhadap hakikatnya adalah pelayanan bagi anak didik. Agar pelayanan itu mengubah tingkah laku anak didik ke arah perkembangan khusus yang optimal, maka pelayanan itu hendaknya sesuai dengan cii-ciri dan hakikat anak didik. Hal ini merupakan inti pembahasan berasal dari psikologi pendidikan. teks eksplanasi

Demikianlah ulasan perihal Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan, yang terhadap kesempatan ini sanggup dibahas dengan lancar. Untuk tidak cukup lebihnya mohon maaf dan semoga berfungsi bagi para pengunjung dan pembaca. Cukup sekian dan sampai jumpa!

Baca Juga :