Besok Pengumuman SBMPTN, UNS Terima 3.100 Mahasiswa

Besok Pengumuman SBMPTN, UNS Terima 3.100 Mahasiswa

Besok Pengumuman SBMPTN, UNS Terima 3.100 Mahasiswa

Besok Pengumuman SBMPTN, UNS Terima 3.100 Mahasiswa

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan diumumkan, Selasa (3/7) besok. Untuk jalur seleksi ini diikuti sebanyak 860.001 atau lebih banyak 8 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 797.738 peserta. Sedangkan untuk Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menerima 3.100 mahasiswa untuk 10 fakultas dan 66 program studi.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Ravik Karsidi menjelaskan,

bahwa minat para pelajar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) mengalami peningkatan. Dari jumlah total peserta yang sudah mendaftar yakni 806.001 yang akan diterima sekitar 160 ribu saja.

“Jumlah tersebut sudah meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satunya adalah untuk menampung para peserta SNMPTN yang tidak melakukan daftar ulang,” ungkapnya.

Nantinya, Ravik melanjutkan, bagi peserta SBMPTN

yang tidak ikut melakukan daftar ulang, mereka masih bisa melalui jalur mandiri. Disinggung mengenai penyelenggaraan SBMPTN sendiri, Ravik mengatakan, bahwa secara keseluruhan pelaksanaan sudah cukup bagus. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta dan tidak adanya kendala yang berarti. Seperti kebocoran atau pun kecurangan.

Sedangkan mengenai peningkatan daya tampung,

Ravik mengatakan, bahwa penambahan daya tampung sengaja dilakukan hampir di semua PTN di seluruh Indonesia, termasuk juga UNS. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang penambahan program studi baru.

Ravik yang juga merupakan Rektor UNS tersebut menyebut, untuk UNS sendiri menyediakan 3.100 kursi kuliah. “Jumlah itu terbagi menjadi 10 fakultas dan 66 program studi. Jumlah ini juga meningkat dibandingkan tahun lalu karena adanya penambahan prodi yaitu Ilmu Lingkungan,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://dogetek.co/sastra/