APA PERBEDAAN MAKALAH DAN SKRIPSI

APA PERBEDAAN MAKALAH DAN SKRIPSI

APA PERBEDAAN MAKALAH DAN SKRIPSI

APA PERBEDAAN MAKALAH DAN SKRIPSI

 

Ok.. .mungkin sebagian orang sudah tau, tapi bisa jadi sebagian besar orang juga tidak tau apa perbedaan antara makalah dan skripsi, sebenarnya dari kata-katanya juga sudah cukup jelas berbeda. Dan bila dipikir atau dikaji lagi dari dua kata makalah dan skripsi tersebut yang pasti juga berbeda, jadi untuk apa dibahas lagi.

Mungkin ada yang belum jelas dan butuh penjelasan disini

Baiklah saya akan sedikit menjelaskan perbedaan antara makalah dan skripsi:
1. Makalah adalah karya ilmiah yang ditulis untuk mendapatkan “nilai”
2. Skripsi adalah karya ilmiah yang dibuat untuk mendapatkan gelar sarjana (sarjana yang dimaksud S1)

Jelas banget beda kan?? kalau makalah itu disusun untuk mendapatkan nilai, sedangkan skripsi disusun untuk mendapatkan gelar sarjana.

Oke… mungkin ada yang kurang setuju karena penjelasannya kurang akademik, kurang ilmiah, kurang didukung dengan teori dan sumber yang relevan dan lain-lain. Baiklah saya akan menjelaskan lagi secara rinci Apa Perbedaan Makalah dan Skripsi?

 

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah

yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah menyajikan masalah dengan melalui proses berpikir deduktif atau induktif. Makalah disusun, biasanya untuk melengkapi tugas-tugas ujian mata kuliah tertentu atau untuk memberikan saran pemecahan tentang suatu masalah secara ilmiah. Makalah menggunakan bahasa yang lugas dan tegas. Jika dilihat bentuknya, makalah adalah bentuk yang paling sederhana di antara karya tulis ilmiah yang lain. Di samping itu, makalah dapat merupakan karya tulis tentang suatu pokok persoalan yang tujuan utamanya untuk diterbitkan dalam suatu majalah (Arifin, 1987).

 

Skripsi adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik sarjana strata satu (S1)

(Indriati, 2001). Skripsi mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat orang lain. Pendapat yang diajukan harus didukung oleh data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung (observasi lapangan) maupun penelitian tidak langsung (studi kepustakaan). Skripsi ditulis biasanya, untuk melengkapi syarat guna memperoleh gelar sarjana muda/diploma atau sarjana dan penyusunannya dibimbing oleh seorang dosen atau tim yang ditunjuk oleh suatu lembaga pendidikan tinggi. Dengan demikian, data atau fakta boleh didasarkan pada pengalaman empiris, hasil kerja lapangan (fieldwork) atau diperoleh dari data kepustakaan (Arifin, 1987).

 

Masih belum jelas, kalau masih belum jelas juga

silahkan kembali kesekolah, atau tanyakan kepada dosen anda masing-masing, karena hanya itu batas kemampuan saya untuk menjelaskan perbedaan antara makalah dan skripsi, Sebelumnya terimakasih banyak sudah berkunjung ke blok saya, semoga semuanya menjadi varokah, dan anda tidak bosan-bosannya untuk kembali lagi di blog ini. Mohon maaf bila ada penyampaian yang salah.

 

Sumber : https://kidblog.org/class/kelas-biologi-online/posts/7he7ner6kijj0sdxh8pca05bc?fbclid