Meneg BUMN Sambangi Wali Kota Bogor

Meneg BUMN Sambangi Wali Kota Bogor

Meneg BUMN Sambangi Wali Kota Bogor

Stasiun Besar Bogor

Dukungan untuk membangun kawasan Stasiun Besar Bogor yang terintegrasi semakin besar. Kali ini dukungan datang dari Kementrian BUMN RI. Bentuk dukungan ditunjukkan oleh Menteri Negara (Meneg) BUMN RI Rini Soemarno dengan menyambangi langsung Kota Bogor dan bertemu dengan Pemerintah Kota Bogor. Wali Kota Bogor Bima Arya menyambut kedatangan Meneg BUMN, Jumat (18/8/2017), di Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor.

Stasiun Besar Bogor

Dalam pertemuan tersebut dipaparkan rencana pembangunan Stasiun Besar Bogor. Direktur Operasional III PT Waskita Karya Tbk. Bambang Riyanto memaparkan Master Plan pembangunan St. Besar Bogor. “Konsep awal adalah menyebar titik-titik kepadatan. Concourse baru menghubungkan stasiun baru. Parkir ditambah dan titik masuk akan disebar. Selain itu akan dilakukan optimalisasi pergerakan pedestrian,” kata Bambang.

Bambang menjelaskan, nantinya dalam master plan juga akan dibangun Sky Bridge yang akan menghubungkan Apartemen MBR yang berlokasi di Paledang dengan St. Besar Bogor. Selain sky bridge, dalam master plan juga menampung konsep park and ride untuk mobil. Jadi bila sekarang st. Bogor hanya menampung sekitar 400 mobil. Nantinya akan dikembangkan menjadi 1340 mobil.

Motor juga akan diakomodir

Untuk motor yang semula hanya menampung sekitar 10 ribu akan diperbesar menjadi 20 ribu motor. Kami akan memanfaatkan tanah di atas demo untuk park and ride motor. Diharapkan ini akan mengakomodir kemacetan di luar stasiun,” urai Bambang.

Konsultan Arsitek PT Studio Rancang Utama Sibarani

pihaknya juga akan melakukan revitalisasi kawasan. Salah satunya akan membuat daerah di sekitar Taman Topi berjalan lancar, yaitu memperbaiki masalah Pedagang Kaki Lima. “Dengan membuka koridor jalan diharapkan kapasitas jalan akan membesar,” tambah Sibarani.

Selain itu, juga akan dilakukan perluasan titik parkir di beberapa tempat. Hal ini dilakukan dengan memaksimalkan pedestrian. Sehingga akan mendukung mobilitas dari titik parkir menuju stasiun.

 

Artikel terkait :