BI Jabar Sosialisasikan Perlindungan Konsumen

BI Jabar Sosialisasikan Perlindungan Konsumen

BI Jabar Sosialisasikan Perlindungan Konsumen

BI Jabar Sosialisasikan Perlindungan Konsumen

Jawa Barat akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019

pada tanggal 19-20 Maret. Rencananya akan hadir Presiden Jokowi di Bandung.

Bank Indonesia Jawa Barat juga ikut ambil bagian dalam Harkonas tersebut melalui kegiatan sosialisasi perlindungan konsumen kepada masyarakat.

“Kami dan OJK bertugas memberikan perlindungan kepada konsumen dalam bidang keuangan. Seminar hari ini salah satunya untuk sosialisasikan itu kepada masyarakat,” kata Kepala BI Jawa Barat Dony P Juwono di Jalan Braga Kota Bandung, Senin (18/3).

Dalam paparannya ia memberikan penjelasan tentang tugas pokok dan fungsi yang berbeda

antara Bank Indonesia dan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Sebab, menurutnya masih banyak aduan masyarakat yang salah sasaran.

“Bank Indonesia masih menerima pengaduan, melalui telepon 131. Tetapi kami hanya melayani pengaduan terkait pembayaran dan penggunaan uang. Kami menerima aduan terkait keaslian uang dan pengaduan terkait penggunaan uang dengan kartu kredit atau debit,” jelasnya.

Sepanjang tahun 2018 lalu, BI Jabar mencatat sebanyak 91 pengaduan

terkait kartu kredit. Sehingga menurutnya pada tahun 2020, perbankan nantinya wajib menggunakan chip dan PIN enam digit.

“Tidak ada lagi penggunaan tandatangan, tapi dengan PIN enam digit. Paling lambat tahun 2020 sudah bisa dilaksanakan,” tegasnya. jo

 

Sumber :

https://blog.fe-saburai.ac.id/peranan-tumbuhan-paku/