Udara Segar Berkat Lidah Mertua

Udara Segar Berkat Lidah Mertua

Udara Segar Berkat Lidah Mertua

Udara Segar Berkat Lidah Mertua

Pada sebagian ibu-ibu, Tumbuhan ini dijadikan sebagai alternatif tumbuhan pagar.

Pamor tumbuhan Lidah Mertua ( Sansevieria trifasciata ) meroket naik alias dikenal banyak
orang setelah para ahli tetumbuhan menemukan kemampuan tersembunyi yang dimiliki daun ini. Selain mampu bertahan hidup dalam rentang waktu suhu dan cahaya yang sangat luas, tumbuhan yang satu ini juga memusuhi polusi udara.

Bahkan menurut peneliti senior dan Tenaga ahli Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas),

Lidah mertua mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan pada ruangan yang penuh asap rokok. Kemampuan ini hampir merata di 100 jenis lidah mertua yang ada di Indonesia.

    Walau dari segi asal muasal tumbuhan ini berasal dari Afrika,

fakta menunjukkan kalau Indonesia memiliki satu jenis yang tidak tumbuh di Afrika. Lidah mertua itu di temukan di kepulauan seribu, yang disebut para ahli dengan nama Sansevieria Javanica. Sementara data yang dirilis kompensasi menunjukkan bahwa, di setiap helai daun lidah mertua ada pregnane glycoside, yaitu zat yang mempu mengurai zat beracun menjadi senyawa organik, gula, dan asam amino. Zat beracun yang diurai seperti karbondioksida, benzen, xilen, formaldehid, koloroform, dan trikolorotilen. Jika lidah mertua ditaruh didalam ruangan, maka tumbuhan ini mampu menaklukkan sick building syndrom, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi zat karbondioksida, nikotin dari rokok dan penggunaan AC. Satu tanaman sansevieria trifasciata lorentii dewasa berdaun 4/5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi.

Dalam lingkungan industri potongan daun ini disebarkan di ruang – ruang produksi industri,

untuk mereduksi senyawa beracun yang terhirup oleh pekerja. Kelebihan lain tanaman ini mampu mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi. Maka tidak ada salahnya untuk meletakkannya disamping komputer atau televisi.

Baca Juga :