SMKN 8 Bandung Galakan Gerakan Literasi Sekolah

SMKN 8 Bandung Galakan Gerakan Literasi Sekolah

 

SMKN 8 Bandung Galakan Gerakan Literasi Sekolah

 

SMKN 8 Bandung

SMKN 8 Bandung berkomitmen untuk menggalakkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Hal ini terlihat dari beberapa program GLS yang sudah diselenggarakan oleh Sekolah yang berdiri 1963 tersebut yakni pembiasaan membaca buku sebelum belajar mengadakan lomba literasi bagi siswa dan guru. Yang terbaru, salah satu siswa SMKN 8 Bandung, Rudiman berhasil menjadi juara membaca puisi se Kota Bandung.

Kepala SMKN 8 Bandung

Agung Indaryatno mengatakan, program GLS telah dicanangkan menjadi program unggulan sekolah tersebut. “Program program gls ini sudah menjadi program unggulan di sekolah kita dan sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun ke belakang, ketika pengelolaan SMK belum diambil oleh provinsi,” ucap Agung saat ditemui di SMKN 8 Bandung, Jalan Kliningan, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Selasa, 6 November 2018.

Sebagai salah satu program unggulan Agus menjelaskan, SMK 8 Bandung telah menyusun anggaran khusus perihal literasi sehingga dapat memudahkan siswa untuk mengakses hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan literasi. “Semua buku, baik yang menunjang dalam mata pelajaran ataupun yang bukan, semuanya sudah disediakan pihak sekolah. Jadi siswa hanya tinggal mengakses saja,” katanya menambahkan.

Agung pun berharap lewat kegiatan ini

siswa mampu memahami seberapa pentingnya literasi bagi kehidupan di era sekarang serta menjadikan buku sebagai prioritas utama. “Harapan kita siswa jadi memiliki kesadaran dan pemahaman betapa penting kegiatan literasi di abad 21 ini. Sehingga mereka mampu memiliki karakter yang dibutuhkan di abad sekarang, yakni adaptif terhadap segala perubahan yang ada,” tutur Agung.

Salah satu Siswa SMKN 8 Bandung

Rudiman mengatakan, menjadi penting bagi siswa untuk berliterasi sedini mungkin.  “Penting banget, khususnya literasi bahasa Indonesia. Karena darimana pun asal dan suku kita, kita harus tetap melakukan literasi bahasa pemersatu kita, yakni bahasa Indonesia,” tutur juara satu lomba membaca puisi SMK Se Kota Bandung tersebut.

 

Sumber : https://pengajar.co.id/