AKTIVA TETAP TIDAK DAPAT DIPERBARUI DAN PEMBERHENTIAN AKTIVA TETAP+

AKTIVA TETAP TIDAK DAPAT DIPERBARUI DAN PEMBERHENTIAN AKTIVA TETAP

 

AKTIVA TETAP TIDAK DAPAT DIPERBARUI DAN PEMBERHENTIAN AKTIVA TETAP+


Pengertian Aktiva Tetap

Aktiva tetap adalah dapat di hentikan penggunaannya dengan membuang, menjual, atau menukarnya pada umumnya, pada waktu aktiva dilepaskan, penyusutan atau amortisasi yang belum dicatat untuk periode bersangkutan dicatat sampai tanggal pelepasan. Dengan demikian nilai buku pada tanggal pelepasan atau penghentian penggunaan dapat dihitung sebagai selisih antara harga perolehan aktiva itu dan akumulasi penyusutannya.

Jika harga pelepasan lebih besar dari pada nilai buku, diakui keuntungan. Sebaliknya, jika harga pelepasan lebih kecil dari pada nilai buku, diakui kerugian. Keuntungan atau kerugian dilaporkan pada penghitungan rugi laba sebagai “ pendapatan dan keuntungan nilai-nilai” atau “ beban dan kerugian lain-lain” pada
tahun pelepasa aktiva. Sebagai bagian ayat pelepasan, saldo dalam perkiraan aktiva dan akumulasi penyusutan untuk aktiva tersebut dihapuskan

Jenis-jenis Aktiva

Aktiva lancar (current assets): adalah bentuk aktiva yang dalam waktu singkat (kurang dan satu tahun) dapat diubah menjadi uang kas. Aktiva lancar meliputi kas (cash), investasi jangka pendek (temporary investment), wesel tagih (notes receivable), piutang dagang (accounts receivable), penghasilan yang masih akan diterima (accrued receivable), persediaan (inventories), biaya yang dibayar di muka (prepaid expenses).

Aktiva tetap (fixed assets): adalah harta kekayaan milik perusahaan yang dapat diukur dengan jelas (tangible) dan bersifat permanen. Aktiva tetap dibeli dengan tujuan dipakai sendiri oleh perusahaan dan tidak dijual kembali. Contoh aktiva tetap adalah tanah (land), bangunan (building), mesin-mesin (madiinery), perabot dan peralatan kantor (office furniture and fixtures), perabot dan peralatan toko (store furniture and fixtures), alat pengangkutan (delivery equipment).

Aktiva tidak berwujud (intangible assets): adalah semua aktiva yang tidak dapat disimpan dalam bentuk persediaan dan dipegang bentuknya tetapi dapat dirasakan. Aktiva tidak berwujud ini merupakan hak milik perusahaan dan kepemilikannya dilindungi oleh undang-undang. Contohnya adalah hak cipta (copyrights), hak sewa atau hak kontrak (leasehold), hak monopoli (franchises), hak paten, merek dagang (trademarks), goodwill, dan biaya organisasi (organization costs).

Pengertian aktiva tetap tidak dapat diperbarui

Adalah penyusutan atas harta-harta berupa kekayaan alam, seperti tambang batu bara, tambang timah. Tambang emas dan lain-lain. Penyusutan biasanya dilakukan berdasarkan berupa perkiraan kapasitas produk tambang dibandingkan dengan jumlah perkiraan kandungan barang tambang tersebut.

Penghentian Untuk Aktiva Tetap

Penghentian aktiva tetap terjadi pada saat aktiva tetap belum habis masa manfaatnya maupun pada saat masa manfaatnya tersebut telah habis. Jika aktiva tetap telah habis masa manfaatnya berarti pada saat penghentian aktiva tetap tersebut telah disusutkan secara penuh.

Penghentian Aktiva Tetap

Bila aktiva tetap dihentikan sebelum masa manfaatnya habis atau selesai, maka akan timbul adanya laba atau rugi akibat penghentian tetap tersebut. Penghentian aktiva tetap sebelum habis masa manfaatnya dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dijual atau ditukar dengan aktiva tetap lain.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/