12 Alasan Pendidikan di Finlandia Terbaik Sedunia

12 Alasan Pendidikan di Finlandia Terbaik Sedunia – Wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan baru, Muhadjir Effendy mengenai konsep full day school menuai tidak sedikit pro kontra. Berdasarkan keterangan dari mendikbud wacana tersebut bertujuan guna mengembangkan karakter anak, sampai-sampai terhindar dari kegiatan-kegiatan tidak urgen sepulang sekolah dan supaya orangtua dapat mengawasi anaknya tepat waktu.

Namun benarkah full day school dapat membuat edukasi Indonesia jadi lebih maju?

Sebaiknya anda harus berkaca ke Finlandia dimana edukasi di sana ditetapkan yang terbaik di semua dunia. Bahkan ternyata di sana ada sejumlah aspek yang berlawanan jauh dengan konsep full day school ala mendikbud ini.

Lalu apa sih, rahasia edukasi di sana sehingga dapat menjadi yang terbaik di dunia? Simak ulasannya inilah ini seperti yang sudah dikoleksi dari edweek.org:

1. Perbanyak bermain.

Di Finlandia orangtua percaya bahwa anak-anak dapat belajar melalui tidak sedikit cara, salah satunya bermain. Jadi guru di sana tidak hanya mencekoki siswa dengan kitab teks saja, tetapi dengan tidak sedikit bermain untuk mengejar potensi dirinya.

2. Tidak mempunyai standar guna nilai.

Pendidikan di sana berasumsi adanya standar nilai malah akan menciptakan anak stres ketika akan ujian. Oleh karena tersebut mereka tidak mempedulikan anak belajar sendirinya dengan apa yang digemari tanpa mesti terbebani dengan nilai. Sementara tersebut nilai lebih ditentukan oleh guru menurut keaktifan anak di kelas.

3. Kepercayaan.

Faktor berikut yang sangat penting di sana. Pemerintah percaya terhadap pendidik dan pendidik percaya untuk siswa mereka. Begitu pun sebaliknya, orangtua mengamanatkan pendidikan anaknya ke sekolah tanpa mesti mencampuri terlampau dalam.

4. Tidak ada kompetisi antar sekolah.

Jika di negara lain tergolong Indonesia masing-masing sekolah berlomba untuk mendapat gelar sekolah terbaik, bertolak belakang dengan di Finlandia. Di sana tidak ada kompetisi antar sekolah. Semua sekolah dipercayai punya kualitas baik guna anak mereka.

5. Semua guru diseleksi dengan ketat.

Salah satu hal penting dari suatu pendidikan ialah peran semua guru. Guru di sana mesti diseleksi dengan ketat mulai dari nilai, integritas mereka, motivasi mereka dalam mengajar, serta karya apa yang dapat menunjang edukasi di Finlandia.

6. Waktu tidur yang panjang.

Di sana masa-masa istirahat sekolah dapat sampai 45 menit. Finlandia percaya bahwa kapasitas masing-masing siswa dalam belajar akan sukses jika mereka mempunyai waktu bersantai yang cukup. Sehingga masa-masa belajar, benak mereka bakal segar dan dapat fokus kembali.

7. Jam belajar hanya 4-5 jam.

Siswa SD dan SMP di sana belajar di sekolah hanya 4-5 jam. Sedangkan guna SMA sama dengan kuliah, melulu menghadiri ruang belajar yang telah dipilih dari mula masuk. Dengan begini siswa diinginkan tidak stres dan kecapekan ketika sekolah.

8. Guru mempunyai hak guna bahagia.

Sama dengan muridnya, guru di sana pun tidak dituntut bekerja keras. Karena mereka yakin guru yang bahagia akan menciptakan siswanya ikut berbahagia juga. Oleh sebab setiap guru di sana melulu mengajar 20 jam per minggunya.

9. Siswa dilepaskan memilih latihan yang cocok dengan kemampuannya.

Setelah umur 16 tahun, siswa dilepaskan mau masuk sekolah biasa (akademi berbasis) atau kejuruan. Tidak terdapat perbedaan dari dua sekolah itu, semuanya dihormati oleh masyarakat Finlandia.

10. Standar nilai ditentukan guru.

Finlandia tidak mempunyai ujian akhir atau UAN andai di Indonesia. Kemampuan murid akan dinilai langsung oleh guru ruang belajar yang mengetahui keterampilan dan prestasi anak sekitar ini di kelas.

11. Pelajaran etika wajib dibuntuti sejak kesatu masuk sekolah.

Pelajaran ini diharuskan dalam kelas-kelas utama baik yang beragama maupun atheis. Hal ini bertujuan untuk menyusun karakter anak yang baik.

12. Fasilitas sekolah yang lengkap.

Orang Finlandia percaya bahwa kesuksesan edukasi anak mereka pun ditentukan oleh kemudahan sekolah yang memadai. Oleh karena tersebut di dalam sekolah tidak sedikit ruang-ruang bermain atau diskusi bersama. Tak melulu itu saja ruang olahraga pun ada dimana-mana untuk menciptakan pikiran dan tubuh siswa dapat segar masing-masing saat.

Selengkapnya: sekolahan.co.id/